Teks -- Yohanes 13:1-7 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 13:5
Full Life: Yoh 13:5 - MEMBASUH KAKI MURID-MURID-NYA.
Nas : Yoh 13:5
Peristiwa yang dramatis ini terjadi pada malam terakhir sebelum
Yesus ditangkap dan disalibkan. Yesus melakukannya
(1) untuk me...
Nas : Yoh 13:5
Peristiwa yang dramatis ini terjadi pada malam terakhir sebelum Yesus ditangkap dan disalibkan. Yesus melakukannya
- (1) untuk mempertunjukkan kepada murid-murid-Nya betapa besar kasih-Nya kepada mereka;
- (2) untuk memberikan gambaran tentang pengorbanan diri-Nya di salib dan
- (3) untuk menyampaikan kebenaran bahwa Dia meminta para murid-Nya
saling melayani dengan kerendahan hati.
Keinginan untuk menjadi yang terbesar senantiasa mengganggu pikiran mereka
(Mat 18:1-4; 20:20-27; Mr 9:33-37; Luk 9:46-48). Kristus menginginkan
agar mereka sadar bahwa keinginan untuk menjadi yang pertama -- menjadi
lebih unggul dan dihormati lebih dari orang Kristen lain - adalah
bertentangan dengan sifat Tuhan mereka
(lihat cat. --> Luk 22:24-30;
[atau ref. Luk 22:24-30]
Yoh 13:12-17; 1Pet 5:5).
BIS -> Yoh 13:2
BIS: Yoh 13:2 - Iblis ... mengkhianati Yesus Iblis ... mengkhianati Yesus: atau Iblis sudah menentukan bahwa Yudas anak Simon Iskariot akan mengkhianati Yesus.
Iblis ... mengkhianati Yesus: atau Iblis sudah menentukan bahwa Yudas anak Simon Iskariot akan mengkhianati Yesus.
Jerusalem: Yoh 13:1 - untuk beralih Sebuah tradisi Yahudi mengartikan kata Paskah (bdk Kel 12:11) sebagai "melewati" (Ibrani, pesan), maksudnya "melewati", menyeberangi Laut Kulzum, Kel ...
Sebuah tradisi Yahudi mengartikan kata Paskah (bdk Kel 12:11) sebagai "melewati" (Ibrani, pesan), maksudnya "melewati", menyeberangi Laut Kulzum, Kel 14. Kristus (dan kita bersama denganNya) "beralih/menyeberang" dari dunia yang menjadi tawanan dosa ini kepada Bapa, Tanah yang dijanjikan. Bdk Yoh 1:21+; Yoh 11:55+
Jerusalem: Yoh 13:1 - mengasihi murid-muridNya Untuk pertama kalinya Yohanes dengan jelas menghubungkan kematian Yesus dengan kasihNya kepada orang-orangNya. Ini sebuah rahasia yang baru pada akhir...
Untuk pertama kalinya Yohanes dengan jelas menghubungkan kematian Yesus dengan kasihNya kepada orang-orangNya. Ini sebuah rahasia yang baru pada akhir dapat diwahyukan, Yoh 13:34; 15:9,13; 17:23; 1Yo 3:16; Rom 8:35; Gal 2:20; Efe 3:19; 5:2,25
Jerusalem: Yoh 13:1 - sampai kepada kesudahannya Maksudnya kurang jelas. Kiranya kesudahan kasih, kasih sampai sehabis-habisnya.
Maksudnya kurang jelas. Kiranya kesudahan kasih, kasih sampai sehabis-habisnya.
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Var: Setelah suatu perjamuan diadakan
Jerusalem: Yoh 13:2 - iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Var: Iblis telah membisikkan ke dalam hati (hatiNya) bahwa Yudas Iskariot akan mengkhianatiNya; var lain: Setelah Iblis memasuki hatinya...: atau: Set...
Var: Iblis telah membisikkan ke dalam hati (hatiNya) bahwa Yudas Iskariot akan mengkhianatiNya; var lain: Setelah Iblis memasuki hatinya...: atau: Setelah Iblis memasuki hati Yudas, supaya ia mengkhianatiNya. Sengsara Yesus berupa sebuah drama di mana dunia yang tak kelihatan berperan di balik manusia bekerjalah kekuasaan setan. Bdk Yoh 6:70 dst; Yoh 8:44; 12:31; 13:27; 16:11; Wah 12:4,17; 13:2; Luk 22:3; 1Ko 2:8.
Ende -> Yoh 13:1
Ende: Yoh 13:1 - Sehabis-habisnja Mungkin djuga:"dengan tak ada batasnja", atau "dengan
sepenuh-penuhnja". Bdl. 1Te 2:16. Aslinja: "sampai achirnja", jang
dapat diartikan sebagai sampa...
Mungkin djuga:"dengan tak ada batasnja", atau "dengan sepenuh-penuhnja". Bdl. 1Te 2:16. Aslinja: "sampai achirnja", jang dapat diartikan sebagai sampai achir hidupNja, tetapi dalam hubungan ini bukan arti itu jang dimaksudkan.
Ref. Silang FULL: Yoh 13:1 - raya Paskah // sudah tiba // kepada Bapa · raya Paskah: Yoh 11:55; Yoh 11:55
· sudah tiba: Mat 26:18; Mat 26:18
· kepada Bapa: Yoh 16:28
Ref. Silang FULL: Yoh 13:3 - sesuatu kepada-Nya // dari Allah · sesuatu kepada-Nya: Mat 28:18; Mat 28:18
· dari Allah: Yoh 8:42; 16:27,28,30; 17:8
· sesuatu kepada-Nya: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]
· dari Allah: Yoh 8:42; 16:27,28,30; 17:8
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 13:1 - -- 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti ...
13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.947
Ayat ini adalah salah satu ayat yang tampaknya bertentangan dengan jadwal yang diceritakan di atas. Jika ungkapan Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai menjangkau seluruh pasal 13-17, maka perjamuan ini bukan perjamuan Paskah. Namun lebih baik kalau ungkapan tersebut dimengerti sebagai penjelasan yang berlaku khusus pada peristiwa pembasuhan kaki. Setelah pembasuhan kaki, acara perjamuan Paskah berlangsung.
Dalam pasal 12:23 kita membaca bahwa Tuhan Yesus mengerti di situ bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sebelum peristiwa itu, kita membaca bahwa saat-Nya belum tiba, misalnya dalam pasal 2:4 dan 7:8. Jadi saat yang diceritakan mendekat. Saat untuk salib-Nya dan kemuliaan-Nya sudah dekat.
Hagelberg: Yoh 13:1-17 - -- 1. Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya (13:1-17)
Peristiwa ini terjadi menjelang hari Jumat.944 Hari Jumat itu adalah hari raya Paskah, tanggal 15 bul...
1. Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya (13:1-17)
Peristiwa ini terjadi menjelang hari Jumat.944 Hari Jumat itu adalah hari raya Paskah, tanggal 15 bulan Nisan. Ingat bahwa menurut sistem perhitungan tanggal dan hari yang dipakai oleh orang Yahudi, setiap hari mulai pada waktu matahari terbenam. Jadi akhir hari Kamis adalah ketika rembang petang hari itu. Peristiwa yang diceritakan dalam nas ini termasuk persiapan sebelum mereka makan domba Paskah, yang harus dimakan pada hari raya Paskah, tanggal 15 Nisan. Menurut Markus 14:12 dan Lukas 22:15, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya merayakan Paskah bersama-sama, tampaknya awal hari Jumat (matahari baru terbenam).
The Word file has a chart of the week, but it won't come over into ClarisWorks........
Carson945 menjelaskan bahwa ada tujuh ayat dalam Injil Yohanes, yaitu 13:1, 29; 18:28; 19:14, 31, 36, dan 42, yang tampaknya tidak memungkinkan jadwal tersebut. Tetapi kita akan melihat bahwa ketujuh ayat itu masih konsisten dengan jadwal dan tafsiran ini.
Jadi, matahari belum terbenam, sehingga hari raya Paskah belum mulai. Murid-murid Tuhan Yesus baru selesai dengan segala persiapan untuk perjamuan Paskah sesuai dengan hukum Taurat dan kebiasaan mereka. (Markus 14:12-16 menceritakan bagaimana mereka mendapatkan ruangan untuk merayakan perjamuan tersebut.) Tetapi sebenarnya persiapan belum selesai, karena di antara keduabelas murid tidak ada yang merendahkan diri untuk membasuh kaki mereka. Biasanya tindakan membasuh kaki adalah tugas budak atau pembantu rumah tangga yang rendah, tetapi tampaknya tidak ada budak atau pembantu rumah tanggah bagi mereka di ruangan yang disediakan.
Kekurangan tersebut menjadi kesempatan bagi Tuhan Yesus untuk menyampaikan dua pelajaran yang sangat mengesankan. Dia mengajar mengenai penahiran rohani (ayat 8-10) dan juga kerendahan hati (ayat 12-17). Kedua pelajaran tersebut terarah pada salib-Nya. Penahiran ada di salib-Nya. Demikian juga, kerendahan hati yang paling luar biasa ada di salib-Nya.946 Dengan kata lain, layaklah bahwa "kisah handuk" ini merupakan pendahuluan bagi kisah kematian-Nya, karena baik dengan salib maupun dengan handuk ada penahiran/pembersihan dan ada teladan. Dalam peristiwa ini kita dapat melihat tanda kasih, lambang salib, dan teladan kerendahan hati.
Tepatlah bahwa peristiwa pembasuhan kaki menjadi peralihan antara penginjilan, yang ditekankan sampai titik ini, dan pemuridan, yang ditekankan dalam pasal-pasal berikutnya. Peristiwa pembasuhan kaki menjadi peralihan yang tepat karena unsur penginjilan diringkas dengan tema pembersihan, dan unsur pemuridan diringkas dengan tema kerendahan hati yang mutlak diperlukan dalam pelayanan yang berhasil.
Hagelberg: Yoh 13:1 - -- 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti ...
13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.947
Ayat ini adalah salah satu ayat yang tampaknya bertentangan dengan jadwal yang diceritakan di atas. Jika ungkapan Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai menjangkau seluruh pasal 13-17, maka perjamuan ini bukan perjamuan Paskah. Namun lebih baik kalau ungkapan tersebut dimengerti sebagai penjelasan yang berlaku khusus pada peristiwa pembasuhan kaki. Setelah pembasuhan kaki, acara perjamuan Paskah berlangsung.
Dalam pasal 12:23 kita membaca bahwa Tuhan Yesus mengerti di situ bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sebelum peristiwa itu, kita membaca bahwa saat-Nya belum tiba, misalnya dalam pasal 2:4 dan 7:8. Jadi saat yang diceritakan mendekat. Saat untuk salib-Nya dan kemuliaan-Nya sudah dekat.
Hagelberg: Yoh 13:1-30 - -- A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbed...
A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbeda dengan apa yang diceritakan dalam Injil Sinoptik. Injil Sinoptik menekankan tema Perjamuan Kudus, suatu acara yang hampir tidak disebutkan oleh Yohanes. Sebaliknya Yohanes mencatat ajaran yang disampaikan oleh Tuhan Yesus pada waktu itu, ajaran yang tidak diungkapkan dalam Injil Sinoptik.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 13:2 - -- 13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-m...
13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-murid Tuhan Yesus telah melihat kain lenan itu, dan mereka sudah melihat ada basi dan air di situ. Mereka sudah berkesempatan cukup panjang untuk bangun dan membasuh kaki Tuhan Yesus dan teman-teman, supaya mereka merasa lebih segar. Namun tidak ada yang rela. Mereka rela membahas "Siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka" (Lukas 22:24), tetapi mereka tidak rela merendahkan diri mereka untuk melayani dengan bentuk pelayanan yang mereka anggap hina.
Yohanes menyebutkan Yudas Iskariot supaya kita mengingat bahwa kematian Tuhan Yesus adalah sesuatu yang pasti, dan supaya kita sadar bahwa begitu besar kerendahan hati Tuhan Yesus, sehingga Dia dapat membasuh kaki Yudas Iskariot, yang akan mengkhianati Dia.
Hagelberg: Yoh 13:2 - -- 13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-m...
13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-murid Tuhan Yesus telah melihat kain lenan itu, dan mereka sudah melihat ada basi dan air di situ. Mereka sudah berkesempatan cukup panjang untuk bangun dan membasuh kaki Tuhan Yesus dan teman-teman, supaya mereka merasa lebih segar. Namun tidak ada yang rela. Mereka rela membahas "Siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka" (Lukas 22:24), tetapi mereka tidak rela merendahkan diri mereka untuk melayani dengan bentuk pelayanan yang mereka anggap hina.
Yohanes menyebutkan Yudas Iskariot supaya kita mengingat bahwa kematian Tuhan Yesus adalah sesuatu yang pasti, dan supaya kita sadar bahwa begitu besar kerendahan hati Tuhan Yesus, sehingga Dia dapat membasuh kaki Yudas Iskariot, yang akan mengkhianati Dia.
Hagelberg: Yoh 13:3 - -- 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran ...
13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran yang penuh mengenai status yang mulia yang Dia miliki, Dia membasuh kaki mereka, dan menuju ke salib-Nya. Sebagai yang memiliki hak dan kuasa yang begitu besar, Dia dapat menghancurkan Iblis, tetapi Dia memilih jalan kerendahan hati dan kasih.
Hagelberg: Yoh 13:3 - -- 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran ...
13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran yang penuh mengenai status yang mulia yang Dia miliki, Dia membasuh kaki mereka, dan menuju ke salib-Nya. Sebagai yang memiliki hak dan kuasa yang begitu besar, Dia dapat menghancurkan Iblis, tetapi Dia memilih jalan kerendahan hati dan kasih.
Hagelberg: Yoh 13:4 - -- 13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di ata...
13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di atas bangku, dengan bersandar pada siku tangan kiri. Kepala masing-masing menghadap pada sebuah meja makan.
Tuhan Yesus mengenakan pakaian budak yang rendah, pakaian yang dianggap hina, baik oleh orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi.952
Hagelberg: Yoh 13:4 - -- 13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di ata...
13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di atas bangku, dengan bersandar pada siku tangan kiri. Kepala masing-masing menghadap pada sebuah meja makan.
Tuhan Yesus mengenakan pakaian budak yang rendah, pakaian yang dianggap hina, baik oleh orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi.952
Hagelberg: Yoh 13:5 - -- 13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-N...
13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Bagi mereka (dan bagi kita juga!) peristiwa ini mengejutkan dan membingungkan. Ada orang Yahudi yang berkata bahwa budak Yahudi tidak boleh disuruh membasuh kaki orang. Pekerjaan yang hina itu layak bagi budak asing, perempuan, anak atau murid, tetapi orang Yahudi yang lelaki dewasa, padahal budak, tidak boleh disuruh melakukan pekerjaan yang hina itu.953
Tuhan Allah menjelma menjadi manusia, dan merendahkan diri-Nya sampai Ia menjadi seperti seorang budak hina yang membersihkan segala macam kotoran dari kaki murid-murid-Nya. Jangan dikatakan bahwa Dia melakukan ini padahal Dia adalah Yang Maha Mulia. Sebenarnya kemuliaan Allah dan kerendahan hati tidak bertentangan. Tuhan Yesus menyatakan Allah melalui peristiwa ini. Dalam pasal 1:18 ditulis "Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."
Hagelberg: Yoh 13:5 - -- 13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-N...
13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Bagi mereka (dan bagi kita juga!) peristiwa ini mengejutkan dan membingungkan. Ada orang Yahudi yang berkata bahwa budak Yahudi tidak boleh disuruh membasuh kaki orang. Pekerjaan yang hina itu layak bagi budak asing, perempuan, anak atau murid, tetapi orang Yahudi yang lelaki dewasa, padahal budak, tidak boleh disuruh melakukan pekerjaan yang hina itu.953
Tuhan Allah menjelma menjadi manusia, dan merendahkan diri-Nya sampai Ia menjadi seperti seorang budak hina yang membersihkan segala macam kotoran dari kaki murid-murid-Nya. Jangan dikatakan bahwa Dia melakukan ini padahal Dia adalah Yang Maha Mulia. Sebenarnya kemuliaan Allah dan kerendahan hati tidak bertentangan. Tuhan Yesus menyatakan Allah melalui peristiwa ini. Dalam pasal 1:18 ditulis "Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."
Hagelberg: Yoh 13:6 - -- 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,954 Engkau hendak membasuh kakiku?"955
Tanggapan murid-murid yang lain tidak...
Hagelberg: Yoh 13:6 - -- 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,954 Engkau hendak membasuh kakiku?"955
Tanggapan murid-murid yang lain tidak...
Hagelberg: Yoh 13:7 - -- 13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia...
13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia harus mati di kayu salib. Demikian juga, mereka belum dapat mengerti bahwa Dia, Mesias, mau membasuh kaki mereka, seperi seorang budak.
Dalam pasal 2:22 dan 12:16 Rasul Yohanes, sebagai narator (pencerita), menjelaskan bahwa baru setelah kebangkitan Tuhan Yesus, murid-murid-Nya mengerti suatu perkataan, tetapi dalam ayat ini Tuhan Yesus sendiri menjelaskannya. Dalam dua ayat tersebut Rasul Yohanes cukup jelas mengenai waktu yang dimaksudkan, tetapi dalam ayat ini unsur waktu masih samar-samar.
Hagelberg: Yoh 13:7 - -- 13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia...
13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia harus mati di kayu salib. Demikian juga, mereka belum dapat mengerti bahwa Dia, Mesias, mau membasuh kaki mereka, seperi seorang budak.
Dalam pasal 2:22 dan 12:16 Rasul Yohanes, sebagai narator (pencerita), menjelaskan bahwa baru setelah kebangkitan Tuhan Yesus, murid-murid-Nya mengerti suatu perkataan, tetapi dalam ayat ini Tuhan Yesus sendiri menjelaskannya. Dalam dua ayat tersebut Rasul Yohanes cukup jelas mengenai waktu yang dimaksudkan, tetapi dalam ayat ini unsur waktu masih samar-samar.